Selasa, 10 Januari 2012

Membantu administrasi Posyandu Melati

Hari ini (Senin, 9 Januari 2012), aku dan teman-teman KKN aku sudah bersiap-siap dari pagi. Rencananya hari ini kami akan melaksanakan dua program kami. Yang pertama, pelaksanaan program Penyuluhan Sanitasi yang akan dibawakan oleh Priya, Linesh, Madhuri (KKN Sukaraja) dan Tivagar (KKN Sukaraja) serta Fris dan Anggie yang akan bertindak sebagai orang yang memperagakan apa yang disampaikan oleh penyaji. Anggie juga sekaligus sebagai penerjemah jika ada kata-kata yang kurang dimengerti warga yang disampaikan oleh penyaji ataupun sebaliknya. (Abisnya, Anggie doang yang ngerti bahasa Sunda diantara mereka). Program yang kedua adalah membantu administrasi Posyandu Melati. Yang melaksanakan ini adalah aku, Lingga, Fris (ikutan juga nih sebelum penyuluhan dilaksanakan), dan Vica. Teman-teman KKN yang lain bertindak sebagai dokumenter (Kica, Dezan) ataupun hanya menyaksikan kami-kami yang bertiugas. Kami tidak boleh melewatkan kesempatan ini karena kegiatan penimbangan dan imunisasi (yang menjadi momen penyuluhan dan pelaksanaan administrasi posyandu) di Posyandu Melati hanya setiap tanggal 9 tiap bulannya, yang berarti bulan berikutnya kami tidak dapat mengikutinya karena sudah tidak di Desa Cibugel lagi.

Jam 08.00 waktu Indonesia bagian Cibugel, kamipun menuju Posyandu Melati (Posyandu untuk Dusun Cidomas). Beberapa kader posyandu telah bersiap-siap. Menyiapkan buku administrasi dll. Kamipun berkenalan dengan mereka-mereka. Salah satunya adalah Ibu Ika (ternyata istri Pak Ulis, hehehe). Aku, Lingga, Fris, dan Vica yang bertugas membantu administrasi langsung konsultasi dengan para kader. Takut salah ngerjain euy. :)

Berselang beberapa menit, ibu-ibu kemudian datang membawa anak-anak mereka untuk ditimbang dan diimunisasi, yang merupakan bayi dan balita. Ibu-ibu hamil pun tak ketinggalan, mereka datang untuk memeriksakan kehamilannya. Di sini, kami belajar melayani ibu-ibu dengan berbagai karakter, ada yang terburu-buru karena ada kegiatan lain lagi yang menunggu, ada yang ribet dengan barang bawaannya, ada yang riweuh karena anaknya menangis terus, ada yang santai, dan lain-lain. Kocak deh. Selain itu, kami-kami juga bisa sekalian cuci mata. hehehe (liat apa coba???). Kami melihat bayi dan balita yang lucu-lucu dan imut. Pengen banget deh nyubit pipinya. (sayang g' bisa, takut nangis euy anaknya).
foto 1: Membantu administrasi Posyandu Melati, Dusun Cidomas, Desa Cibugel

Sekitar jam 10 acara penimbangan dan imunisasipun selesai. Penyuluhan sanitasi pun juga telah dilaksanakan. Ibu-ibu senang bisa bertemu dengan orang India (biasanya kan hanya di TV) dan mendapatkan hadiah berupa sabun cuci tangan.

foto 2: Priya, Fris, Anggie, Tivagar, Linesh, dan Maduri yang memberikan penyuluhan

Kami kemudian disajikan gorengan. Dan sebelum kami pulang, kami kemudian berfoto bersama dengan para kader Posyandu Melati. Mereka adalah orang-orang yang peduli kesehatan bayi, balita, dan ibu hamil. Sampai jumpa Posyandu Melati. :)

foto 3: bersama para kader

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar